Pada tanggal 13 Mei 2011, bertempat di ruang Poliklinik Saraf RSCM, Laboratorium ABC bekerjasama dengan Bag. Neurologi RSCM mengadakan seminar dengan topik ; “HLAB-1502 genetic screening in Carbamazepine induced SJS/TEN : Personalized Medicine”.

Konsep Personalize Medicine atau Personalisasi perawatan merupakan konsep pengobatan atas dasar adanya perbedaan respon pengobatan pasien terhadap obat yang sama. Suatu obat bisa efektif untuk seorang pasien tetapi obat yang sama mungkin tidak menunjukkan hasil yang diharapkan bahkan pada beberapa kasus dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Pada beberapa pasien yang mendapatkan terapi CBZ (obat antileptik) dapat memberikan efek samping yang parah jika pada tubuhnya terdapat gen HLAB 1502. Resiko SJS (stevens-Johnson Syndrome (SJS)/ Toxic Epidermal Necrolysis (TEN) pada Hipersensitifitas terhadap pengobatan dengan CBZ bahkan dapat mengancam jiwa. Disinilah pentingnya pemeriksaan Farmakogenomik dilakukan. Dengan harapan pasien dapat memperoleh pengobatan yang efektif, aman dan terhindar dari resiko efek samping obat yang membahayakan.

Sosialiasi pemeriksaan Farmakogenomik ini akan terus dilakukan, agar dokter/ klinisi dapat memberikan pengobatan yang tepat bagi pasiennya

Informasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan Farmakogenomik : tes Carbamazepin, Warfarin dan Allopurinol, dapat menghungui CS Lab ABC di (021) 530-1390 atau [email protected]